Tips Merespon Teman Curhat agar Ia Merasa Lebih Baik!

November 16, 2021 by No Comments

Setiap orang pasti punya cara tersendiri dalam mengatasi berbagai masalah yang tengah dihadapi termasuk berbicara dengan teman. Manusia perlu mencurahkan perasaan supaya tingkat stress menjadi berkurang lewat curhat atau berlibur. Ada beberapa tips merespon orang curhat entah itu dengan kata kata bijak maupun lewat perbuatan seperti berikut ini:

1. Berikan Simpati

Langkah pertama dalam merespon teman yang tengah membicarakan masalahnya adalah dengan memberikan rasa simpati. Tunjukkan gerak gerik bahwa Anda benar-benar merasakan bahwa berada di posisinya pasti bukanlah perkara yang mudah dan menghabiskan energi.

Di sini, tunjukkan kepedulian dan rasa yang hampir sama dengan orang yang curhat, pastikan bahwa Anda bersikap mengerti. Tidak cukup lewat perilaku saja, berikan juga validasi verbal seperti “aku paham apa yang kamu alami pasti sangat berat.” dengan ungkapan seperti itu, teman pasti akan merasa bahwa perasaannya tidak Ia rasakan sendirian lagi.

2. Berikan Apresiasi

Hal kecil lainnya yang tidak banyak orang sadari adalah cerita bukanlah perkara yang mudah untuk beberapa orang. Memberikan apresiasi kecil terhadap orang yang mau bercerita masalahnya bisa sedikit memberikan perasaan lega. Apresiasi ini membuat orang yang tengah curhat bisa menyalurkan ceritanya secara lebih lengkap dan lebih lega lagi.

Kata kata bijak yang bisa Anda gunakan misalnya “Tidak mudah bagimu menceritakan semua ini, terimakasih sudah mau bercerita denganku.” Jangan lupa untuk menambahkan beberapa kalimat seperti “Aku akan mendengarkan semua ceritamu, untuk tahu kamu tidak baik-baik saja.”

3. Fokus Pada Masalah

Setelah panjang lebar bercerita, berusahalah untuk tidak merubah topik pembicaraan pada hal lain yang kurang penting. Cobalah untuk mengkonfirmasi kembali terkait apa saja permasalahan yang dialami supaya nantinya solusi yang coba diberi bisa lebih tepat.

Jangan langsung konfirmasi secara frontal terhadap masalah yang dialami, cobalah untuk membicarakannya lebih lembut lagi. Setelah memberikan pengulangan tersebut, berikan kembali pertanyaan untuk mengetahui permasalahan lebih mendalam lagi.

4. Berikan Pendapat

Dalam curhat sebenarnya seringkali orang tersebut tidak membutuhkan pendapat tetapi hanya ingin mencari tempat untuk bercerita. Meski begitu, Anda sebaiknya menyiapkan beberapa saran atau pendapat untuk mengatasi apa saja yang tengah dihadapi oleh teman tersebut. Jangan memberikan solusi yang sepertinya tidak cocok dengan prinsip hidupnya.

Sebaiknya, pendapat yang diberikan tidak hanya satu melainkan beberapa berdasarkan skenarionya masing-masing. Berikan beberapa kelebihan dan kekurangan kemudian tinggal memberikan keputusan sepenuhnya pada dirinya terkait bagaimana tindakan ke depannya. Pendapat mungkin tidak akan diterima secara mentah, tapi biarkan Ia menentukan yang terbaik.

Menghadapi seseorang ketika curhat bukan perkara mudah karena di posisi ini seringkali orang menjadi lebih sensitif. Anda bisa mendapat tips-tips lain terkait merespon curhatan orang maupun berbagai tips lainnya seperti parenting di Orami Magazine.