Ingin Tahu Makna Tari Pendet? Ternyata Bisa Diihat Dari Pola Lantainya, Loh!

April 16, 2021 by No Comments

Tahukah kamu Tari Pendet berasal dari daerah mana? Tari Pendet merupakan salah satu tarian kebudayaan yang dimiliki oleh Bali. Tarian ini digunakan oleh masyarakat Bali sebagai tarian selamat datang dan biasa dipertunjukkan dalam beragam pagelaran. Tarian ini sendiri awalnya merupakan tarian yang digunakan untuk kegiatan religi masyarakat Bali. Namun, perubahan waktu dan jaman membuat tarian ini berubah dan dapat digunakan sebagai tarian penyambut tamu.

Tari Pendet sendiri memiliki beberapa gerakan yang digunakan sebagai pemujaan kepada dewa dalam melakukan kegiatan ritual. Tari Pendet masih memiliki beberapa gerakan ritual yang digunakan untuk kegiatan keagamaan. Tari ini sendiri disimbolkan sebagai rasa bersyukur dan terima kasih mereka atas turunnya dewa ke bumi manusia. Nah, tahukah kamu jika dalam Tari Pendet juga menyimpan beberapa pola gerakan lantai yang digunakan dalam kegiatan tariannya tersebut.

Pola lantai Tari Pendet yang digunakan adalah pola lantai lurus dan pola lantai melengkung. Pola lantai Tari Pendet tersebut memiliki makna dibaliknya. Dimana pola lantai lurus menunjukkan hubungan antar manusia. Sedangkan pola lantai lurus vertikal menandakan adanya hubungan manusia dengan Tuhannya. Pola lantai melengkung sendiri memiliki artian bahwa tari yang dibawakan merupakan tarian merakyat.

Makna dibalik Pola lantai Tari Pendet sendiri menunjukkan bahwa Tari Pendet sendiri dibawakan untuk kegiatan spiritual yang dilakukan. Tari ini mendapat kan gubahan sehingga dapat dibawakan sebagai tari selamat datang. Tari Pendet sendiri dapat ditemukan dengan mudah ketika tur mengunjungi Pulau Dewata melalui paket yang ditawarkan. Jadi, ketika berkunjung ke Bali, kamu bisa menyempatkan diri untuk menengok tarian ini.

Adapun ketika melakukan Tari Pendet, masyarakat Bali menggunakan properti yang digunakan. Berbagai properti yang digunakan untuk Tari Pendet sendiri adalah mahkota, tapih, gelang, kemben, bokor dan juga selendang. Dimana berbagai jenis properti dalam pertunjukkan tari ini digunakan. Tari Pendet juga menggunakan music khas Bali. Pada tujuan keagamaan sendiri, tarian ini biasa dilakukan di Pura Hindu.

Selain Tari Pendet, ada beragam jenis tarian yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Mulai dari Tari Kecak, Tari Rejang, Tari Janger, hingga Tari Barong yang siap menyambut kamu di Bali.