Cara Membuat Kopi Dengan Teknik Manual Brew V60 Dengan Mudah

January 28, 2021 by No Comments

Teknik V60 menjadi salah satu teknik pembuatan kopi yang paling mudah dilakukan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena semua proses dari penyeduhan kopi tersebut akan dilakukan dengan tangan. Dan teknik V60 ini menjadi salah satu manual brew dimana paling banyak digemari oleh masyarakat.

Adapun kemunculan dari metode penyeduhan ini ternyata lahir berkat adanya alat seduh dripper pada tahun 2004 silam. Adapun pencipta dari alat tersebut adalah Hario dimana berasal dari Tokyo Jepang. Penamaan dari V60 ternyata tidak lain adalah adanya bentuk menyerupai huruf V dengan sudut 60 derajat pada alat utama tersebut.

Untuk kerjanya sendiri terletak pada tetes demi tetes bubuk kopi dimana diseduh dengan perlahan. Inilah mengapa untuk prosesnya sendiri akan membutuhkan penyaring atau filter untuk hasil yang maksimal. Untuk anda yang ingin menghasilkan kopi dengan rasa yang nikmat, maka anda juga butuh timbangan untuk mengetahui takaran kopi dengan benar.

Cara membuat kopi teknik dengan alat V60

Untuk membuat kopi dengan menggunakan alat bernama v60 inipun ternyata tidaklah sulit untuk dilakukan. Hanya saja, buat seseorang yang baru pertama kali menggunakan alat yang satu ini mungkin akan menemukan adanya sedikit kesulitan untuk membuatnya bukan. Untuk itulah, anda wajib menyimak cara membuat kopi menggunakan metode ini.

1. Siapkan kopi terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan kopi terlebih dahulu. Adapun bubuk kopi tersebut sebaiknya tidak terlalu lembut agar dapat menjaga kualitas rasa dari kopinya. Untuk takarannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang.

2. Siapkan alat V60

Jika anda sudah menyiapkan kopinya, maka langkah berikutnya bisa menyiapkan gelas dengan V60 dripper dengan adanya filter diatasnya. Untuk bagian filternya, anda bisa langsung membasahinya dengan menggunakan air panas dan buang air bekasnya tersebut.

3. Masukkan kopi ke dalam dripper

Langkah membuat kopi dengan teknik V60 berikutnya adalah dengan memasukkan kopi ke dalam dripper. Anda bisa menyeduhnya dengan gerakan memutar secara perlahan dan konstan.

4. Tuang air panas yang pertama

Selanjutnya, anda bisa langsung menuang air panas untuk pertama kalinya atau dikenal dengan blooming. Ini untuk mengetahui seberapa segarkan kopi yang anda seduh tersebut. Selain itu, tuangan ini pun juga berguna untuk mengeluarkan karbondioksida yang terdapat pada kopi.

5. Tuangkan kembali

Apabila tuangan pertama kali sudah dilakukan, maka bisa menunggu selama kurang lebih 20-30 detik. Pada waktu inilah, anda bisa langsung menuangkan kembali air panas. Proses inipun akan memakan waktu 2-3 menit.

Membuat kopi dengan menggunakan alat V60 inipun memang menjadi salah satu teknik yang cukup digemari oleh para penikmat kopi. Untuk anda yang mengaku penikmat kopi, cobalah menggunakan cara ini.