Cara Diet Gula Yang Mudah Dan Efisien

January 31, 2021 by No Comments

Makanan manis merupakan konsumsi makanan yang disukai masyarakat utamanya anak – anak. Konsumsi makanan manis dalam jajanan anak, banyak sekali macamnya. Mulai dari coklat, permen, es krim, minuman yang dijual dipinggiran hingga aneka jajanan anak lainnya. Sebab itu, jika konsumsi gula pada anak tidak dikontrol anak akan mudah terserang penyakit yang disebabkan konsumsi gula berlebih. Seperti misalnya diabetes melitus.

Dalam era modern, angka anak – anak yang menderita penyakit diabetes melitus terus meningkat. Hal ini disebabkan karena pola konsumsi anak yang tidak baik. Membiasakan diri anak untuk jajan harian merupakan kegiatan yang salah. Dimana anak akan mengonsumsi berbagai makanan dengan tingkat intensitas penambahan gula yang tinggi. Baik dalam bentuk pemanis buatan maupun dalam bentuk pemanis alami yang ditambahkan dalam bahan pangan.

Konsumsi gula harian pada anak yang disarankan adalah 50 gram atau 4 sendok makan per harinya. Aturan ini disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai acuan kesehatan masyarakat Indonesia. Konsumsi gula yang melebihi batas akan mengakibatkan ragam permasalahan kesehatan pada anak. Sebab itu, jika anda merasa anak anda telah mengkonsumsi banyak gula dalam sehari, anda harus mengurangi konsumsi gula anak. Dimana kegiatan ini disebut dengan diet gula.

Kegiatan diet gula merupakan kegiatan pembatasan konsumsi gula dalam makanan harian sesuai dengan aturan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan diet gula tidak dapat langsung dilakukan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara bertahap untuk membiasakan diri baik pada anak maupun orang dewasa yang melakukannya. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam menunjang kegiatan diet gula yang dilakukan. Berikut merupakan beberapa kegiatan diet gula yang dapat dilakukan :

  • Mengurangi jajan makanan diluar dan lebih memilih mengkonsumsi cemilan sehat seperti buah – buahan
  • Memilih memasak sendiri konsumsi harian keluarga
  • Mengurangi konsumsi minuman manis dan perbanyak konsumsi air mineral
  • Mengganti pemanis yang digunakan dengan pemanis alami dan rendah kalori
  • Melakukan olahraga dan menerapkan pola makan teratur.

Kelima jenis kegiatan yang dilakukan diatas akan mengontrol konsumsi gula dalam tubuh. Selain itu, kegiatan tersebut akan menunjang kadar gula dalam tubuh. Dengan memberikan pola hidup yang sehat, anak akan tumbuh dan berkembang dengan optimal. Selain itu, kesehatan anak menjadi terjamin berkat pola makan harian yang rutin dan pola hidup sehat yang diterapkan.

Anda dapat melakukan kegiatan diet gula secara bertahap dengan memperkenalkannya kepada anak anda perlahan dan juga step by step agar anak mudah memahami hal tersebut. Selain itu, kegiatan diet gula yang dilakukan akan menunjang penyerapan nutrisi dalam tubuh anak secara optimal dalam menunjang tumbuh kembang anak.