Bunda, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Biduran pada Anak

December 18, 2020 by No Comments

Biduran pada anak adalah salah satu gangguan kulit pada anak yang sering membuat bunda pusing. Biduran sebenarnya bukanlah suatu gangguan kulit yang bisa membahayakan si kecil. Tetapi keberadaannya akan membuat si kecil rewel karena gatalnya yang teramat sangat. Makanya, ketika biduran menyerang si buah hati, bunda akan langsung mencari cara untuk segera mengatasinya. Nah, bagi bunda yang mungkin sering mendapati si kecil terserang biduran, tak ada salahnya bunda tahu apa sebenarnya penyebab biduran dan bagaimana cara mengatasi gangguan kulit tersebut.

Penyebab Biduran pada Anak

Pastilah beberapa dari bunda sudah pernah mendengar dari orang tuanya bahwa yang menyebabkan biduran pada anak adalah cuaca yang dingin. Benarkah itu? Memang bisa dibenarkan bahwa salah satu penyebab biduran adalah cuaca yang dingin.  Biduran sebenarnya tak hanya disebabkan oleh cuaca dingin tetapi lebih pada ke pergantian cuaca. Ketika anak harus beradaptasi dengan cuaca yang berubah ubah, akhirnya akan memunculkan bentol bentol merah sebagai reaksinya. Bentol bentol merah yang dalam bahasa medisnya disebut urtikaria ini bisa dianggap pula sebagai bentuk alergi kulit pada bayi.

Penyebab lain yang bisa memunculkan biduran pada anak adalah obat obatan semacam antibiotik. Misalnya, jika anak imunisasi atau diberikan semacam obat dan tubuhnya ternyata melakukan penolakan, akhirnya sebagai bentuk penolakan akan memunculkan yang namanya biduran. Selain itu, biduran pada anak dapat pula disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya. Apabila anak terlalu banyak memakan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur dan kacang-kacangan, si anak juga bisa mengalami yang namanya bentol bentol merah alias biduran.

Mengatasi Biduran pada Anak

Setelah bunda tahu beberapa penyebab biduran pada anak, selanjutnya yang mesti bunda lakukan adalah mencoba menemukan penanganan yang tepat. Misalkan, apabila anak mengalami biduran yang dikarenakan obat obatan, maka bunda sebaiknya meminta saran pada dokter dan memintakan resep obat yang pas untuk si kecil. Kemudian, ketika bunda mendapati sang anak biduran karena perubahan cuaca, sebisa mungkin bunda bisa memberinya vitamin agar imun tubuh anak bagus dan tubuhnya bisa tahan di segala cuaca. Dan bagi si kecil yang mungkin terkena biduran gara gara mengkonsumsi makanan tertentu. Bunda lebih baik mengganti menu makanannya atau bunda bisa mengurangi konsumsi porsi makanan yang bisa menyebabkan alergi pada anak, khususnya biduran.

Penanganan sederhana yang bisa bunda lakukan jika anak terlanjur terkena biduran yaitu meminta sang anak untuk tidak menggaruk bentol bentol merah pada tubuhnya. Meski susah, tetapi bunda tetaplah harus memberikan pengertian. Bentuk penanganan lainnya adalah dengan memilihkan baju yang longgar untuk anak. Baju yang longgar akan meminimalisir keringat yang bisa membuat biduran tambah gatal. Satu lagi, bunda juga bisa mengajaknya ke tempat yang sejuk. Tempat yang sejuk akan membuat si kecil terasa lebih nyaman dan tak akan lagi merasakan gatal.

Terakhir, yang bunda bisa lakukan untuk mencegah dan mengatasi biduran pada anak adalah dengan memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi. Makanan 4 sehat 5 sempurna bisa membantu memperbaiki imun tubuh si kecil sehingga tak mudah terkena biduran. Untuk susunya, tak ada salahnya bunda memberikan si kecil susu SGM yang dikenal kaya akan nutrisi. Memberikannya secara rutin bisa membuat anak lebih sehat dan bisa menghindarkan anak dari gangguan kulit seperti biduran. Semoga bermanfaat!