Ayo Bunda Kenali Perbedaan Braxton Hicks dengan Kontraksi Asli agar Bunda tidak Khawatir

December 17, 2020 by No Comments

Salah satu tanda persalinan adalah kontraksi. Sayangnya, kadang Bunda masih bingung apakah kontraksi yang dirasakan itu kontraksi asli atau kontraksi palsu. Di mana kontraksi palsu atau dalam dunia medis disebut braxton hicks adalah kontraksi yang sering terjadi saat kehamilan memasuki usia 7 bulan yang ditandai dengan adanya otot rahim mengencang.

Agar Bunda bisa tahu kontraksi apa yang sedang dirasakan Bunda, Bunda harus tahu nih perbedaan antara kontraksi asli dan braxton hicks atau kontraksi palsu. Lalu, bagaimana cara membedakannya? Berikut ini cara membedakan antara kontraksi asli dan braxton hicks.

5 Cara Membedakan Kontraksi Asli dan Braxton Hicks

1. Lama Waktu dan Kemungkinan Memprediksi Kontraksi

Cara pertama untuk membedakan kontraksi asli dengan braxton hicks adalah lama waktunya kontraksi. Di mana braxton hicks akan berlangsung dengan waktu yang cukup singkat. Selain itu, braxton hicks terjadi dengan pola yang tidak teratur.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Bunda bisa mengecek durasi atau lama kontraksi serta jedanya menggunakan stopwatch. Jika lama kontraksinya singkat dengan jeda yang cukup lama, maka Bunda hanya mengalami braxton hicks.

2. Letak Rasa Sakit Pada Kontraksi

Hal kedua agar Bunda bisa mengenali kontraksi adalah letak rasa kontraksi. Di mana jika Bunda mengalami braxton hicks, Bunda akan mengelami rasa sakit pada perut bagian bawah saja yang disertai dengan kram, tetapi intensitasnya masih ringan.

Nah, jika Bunda mengalami kontraksi asli, rasa sakit terjadi pada punggung bagian bawah yang mana rasanya seperti rasa sakit tersebut menyebar menyeluruh ke semua bagian perut. Selain itu, Bunda juga akan  mengalami nyeri punggung serta ada rasa dorongan pada daerah panggul hingga menuju ke paha.

3. Keluhan Rasa Sakit karena Kontraksi saat Beraktivitas

Untuk bisa membedakan kontraksi yang terjadi, Bunda bisa melakukan aktivitas, seperti berjalan santai. Di mana jika semakin lama Bunda berjalan, dan rasa sakit yang Bunda rasakan menghilang, maka Bunda hanya mengalami braxton hicks saja.

Sedangkan, jika Bunda sudah beraktivitas, namun rasa sakitnya semakin menjadi, maka Bunda mengalami kontraksi asli. Hal ini karena intensitas rasa sakit pada kontraksi asli meningkat.

4. Braxton Hicks tidak disertai Tanda Persalinan Lainnya

Tanda – tanda Bunda mengalami braxton hicks adalah Bunda hanya mengalami rasa sakit saja pada perut bagian bawah, dan tidak disertai dengan tanda persalinan lainnya. Di mana kontraksi asli juga diiringi dengan pecah ketuban, munculnya bercak darah, serta penipisan dinding rahim.

Nah, itulah caranya agar Bunda bisa mengenal kontraksi yang dirasakan Bunda, apakah hanya sekadar braxton hicks atau kontraksi asli. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Bunda yang akan melahirkan, khususnya Bunda yang akan melahirkan untuk pertama kalinya.