Amankah Mengonsumsi Susu Bubuk?

January 28, 2021 by No Comments

Susu segar memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, tetapi konsumen harus mengonsumsi sekali waktu. Inovasi produk susu sapi yang diolah menjadi susu bubuk merupakan metode menikmati susu lebih praktis dan hemat. Selain diseduh dengan air panas dengan suhu tertentu, anak juga suka menikmati susu bubuk secara langsung. Bubuk coklat untuk minuman langsung dikonsumsi si kecil tanpa air panas. Sebenarnya, apakah ngemil susu bubuk aman untuk pertumbuhan anak-anak?

Hal yang perlu diketahui terkait kebiasaan anak ngemil susu bubuk

 

Citarasa susu bubuk coklat untuk minuman yang lezat membuat anak-anak tergoda menikmatinya secara langsung. Meski diperbolehkan, tetapi dokter tidak menyarankan anak untuk konsumsi susu bubuk secara langsung tanpa air panas. Apa yang menyebabkan hal tersebut? Yuk, simak beberapa hal penting mengenai kebiasaan anak mengonsumsi susu bubuk secara langsung berikut!

1.  Konsumsi sesuai anjuran produsen susu

Ada banyak produsen susu yang menawarkan produk susu bubuk berbagai rasa. Namun, semua produsen menganjurkan cara mengonsumsi susu yang benar yaitu menyeduh dengan air panas. Kandungan gizi pada susu tidak bisa didapatkan secara optimal jika dikonsumsi secara mentah. Padahal susu bubuk coklat mengandung protein, lemak, kalsium, dan vitamin D yang mendukung tumbuh kembang anak lebih maksimal.

2.  Punya aturan takar tersendiri

Anda harus tahu bahwa konsumsi susu yang diseduh dengan air panas memiliki takaran masing-masing. Konsumsi susu harus sesuai dengan perkembangan usia anak, misalnya anak usia 1 tahun hanya 1-2 gelas per hari saja.

3.  Dampak kesehatan yang bisa terjadi

Berdasarkan anjuran dokter, anak bisa saja menikmati susu bubuk coklat secara langsung. Tidak ada dampak buruk kesehatan yang membahayakan nyawa, tetapi anak-anak bisa mengalami kecanduan bila mengonsumsi susu bubuk secara rutin.

Risiko mengalami sembelit atau masalah pencernaan bisa saja terjadi bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Tak hanya susu bubuk saja, risiko kesehatan bisa melanda anak-anak yang mengonsumsi susu seduh dengan jumlah melebihi takaran usia.

4.  Gosok gigi setelah mengonsumsi susu bubuk

Susu bubuk yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan masalah pada diri sendiri terutama kerusakan gigi. Susu bubuk coklat mengandung pemanis gula meski rendah kadar gula sekalipun, Anda tetap harus rajin mengajarkan anak gosok gigi agar tidak mengalami karies. Anda jelas tidak ingin gigi anak mengalami masalah keropos saat usia masih terlalu dini, bukan?

Beberapa hal mengenai kebiasaan mengonsumsi bubuk coklat untuk minuman secara mentah bisa menjadi referensi Anda. Pastikan untuk mengawasi si kecil yang mulai suka ngemil susu bubuk mentah, alih-alih menyeduh dengan air panas. Berikan pengertian kepada anak terkait dampak buruk konsumsi susu mentah terus menerus. Anda juga harus meletakkan susu bubuk jauh dari jangkauan anak-anak sebagai antisipasi mencegah kebiasaan si kecil yang suka ngemil susu bubuk mentah, ya!